Mengapa Tulisan "AMBULANCE" Ditulis Terbalik Menjadi "ECNALUBMA" ??

Posted by Unknown



ANEH92: Udah pernah lihat mobil ambulance ? atau biasa sering dibawa untuk mengangkut jenazah ke pemakaman. Mungkin kebanyakan orang kurang memperhatian kata  "AMBULANCE", kali ini menjadi perbincangan di dunia maya yang sedang heboh. Mungkin sebagian orang sudah tahu jawabannya, tapi banyak pula yang belum tahu dan tak terfikirkan kenapa  tulisan AMBULANCE pada kendaraan darurat ditulis terbalik menjadi ECNALUBMA ?

Bukan hanya di Indonesia, diskusi di dunia maya pun terjadi di taraf Internasional. Diskusi dengan pertanyaan serupa terjadi diseluruh dunia dari jaman dulu hingga sekarang ?
Seperti yang terjadi di situs quora, satu pertanyaan fenomenal muncul "Mengapa kata "ambulans" dieja terbalik pada kendaraan bagian depan?

Pertanyaan itu menjadi diskusi yang sangat menarik, beberapa orang ikut bagian dalam menjawab berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki.  

Sebagian besar dari mereka yang berdiskusi hanya menjawab sederhana "Agar jika dilihat di kaca spion terlihat kata dengan benar."
Apakah ada jawaban yang lain ?  Luke Stein, Assistant Professor yang juga Emergency Medical Technician (EMT) mengatakan, ada beberapa alasan mendasar tulisan itu ditempel terbalik.
  • Pertama, pada peraturan EMT penggunaan lampu sirine hanya digunakan pada kondisi yang benar-benar mendesak, sebab pada kasus tertentu malah bisa membahayakan pengendara lain.  
  • Kedua, sirine yang dibunyikan nyaring bisa mengganggu pasien yang dibawa di dalam kendaraan ambulans.  
Dari beberapa alasan itulah, tanda identitas kendaraan yang mengurangi risiko rendah adalah metode tulisan dieja terbalik. Bahasan di situs reddit.com, pemilik akun tamz5855 berpendapat, di jalanan pengguna jalan di kota yang super sibuk atau tol kadang tak memperhatikan sirene atau melihat lampu.

Bisa disebabkan banyak hal, misalkan mendengarkan musik terlalu keras di dalam kendaraan sehingga melihat dari spion jika ada kendaraan di belakang adalah yang paling mungkin. Konvensi itu di beberapa negara diterapkan secara berbeda-beda, ada yang menerapkan, ada pula yang membuat standar untuk kendaraan darurat serupa.  seperti ynag di kutip dari tribun

Misalkan, The National Fire Protection Association menerbitkan Standar Otomotif untuk Ambulans dengan penambahan garis dan tanda khusus untuk penanda.  Study keselamatan di Australia menyebutkan, tulisan kata ambulans di depan kendaraan lebih komunikatif dengan lambang dibandingkan tulisan.
Alasan sederhananya, pengemudi tak perlu repot repot membaca tulisan hanya perlu tahu simbol itu saja.  
Nah, bagaimana pendapat kalian tentang tulisan "AMBULANCE" Ditulis Terbalik Menjadi "ECNALUBMA" ?? Apa ada jawaban yang lebih menarik ? 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar