Apa yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Ketika Tidur Setelah Minum Alkohol ?

Posted by Unknown


ANEH92: Mungkin anda adalah penikmat minuman beralkohol, apa yang sebenarnya anda rasakan ketika minum alkohol ? Secara tidak sadar mungkin merasakan hal yang berbeda dari pendapat kebanyakan orang. Sebenarnya alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.Selain dapat merusak ginjal, alkohol memiliki efek buruk lainnya.





Alkohol dapat menyebabkan kulit keriput dan lain sebagainya.Semakin banyak miras di kalangan masyarakat menunjukkan ketidakpedulian mereka akan kesehatan tubuh masing-masing. Terutama bagi mereka yang tertidur setelah mengkonsumsi minuman beralkohol. Inilah saat di mana alkhol merusak tubuh dan juga otak anda.


Secara tidak langsung anda akan merasakan banyak hal yang tanpa disadari, yang sudah di rangkum seperti di bawah ini:

1. Kualitas Tidur Jadi Hancur

Orang yang minum alkohol dan mabuk akan cenderung ingin tidur lebih cepat dari biasanya. Nah, ini merusak siklus tidur. Ini akan berakibat pada tubuh yang sulit beradaptasi dengan kondisi siang malam di kemudian hari.

Misalnya saja karena tidak pernah tidur siang, kemudian suatu hari tertidur siang akibat mabuk alkohol. Saat bangun pada malam hari, maka dia akan terkejut karena dianggapnya sudah pagi karena kebiasaan bangun pagi. Ini hanya contoh kecil saja.

2. Sering Galau

Percaya atau tidak, tidur setelah mabuk dapat meningkatkan kadar galau. Seseorang akan sering merasa sedih dan tertekan. Tak hanya itu, tingkat kecemasan juga bakal melonjak drastis. Itulah sebabnya pecandu alkohol sering tak karuan suasana hatinya. Baru akan terlihat saat dia mengoceh saat mabuk.

Denyut nadi berantakan
Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan denyut nadi. Terkadang juga turun hingga di bawah standar saat tidak sedang minum. Namun begitu minum dan tertidur, maka nadi akan berdenyut lebih cepat dari biasanya.

4. Dapat Merusak Jantung

Mungkin ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya. Yang mana mabuk parah akan merusak jantung secara perlahan. Denyut jantung akan meningkat di atas normal. Ini sangat berbahaya, karena dalam kasus tertentu akan menyebabkan kematian.

Artinya ini adalah bom waktu yang akan meledak kapan saja. Selain itu juga dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang membahayakan nyawa.

5. Otak Kehilangan Ingatan

Kebanyak peminum berat akan mengalami beberapa bentuk kehilangan ingatan ketika mereka bangun di keesokan harinya. Ini tentu bukan pertanda baik.

Ini adalah bentuk gejala awal amnesia atau hilang ingatan jika berlangsung terus-terusan. Menurut penelitian, remaja dan dewasa sangat rentan pada efek ini.

6. Keringat Berlebih dan Sering Buang Air Kecil

Alkohol lebih dari diuretik dan langsung bertindak atas ginjal seseorang. Hal ini membuat orang yang mabuk lebih sering buang air kecil dari sebelumnya. Ini adalah pertanda yang kurang baik pada ginjal.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat mengurangi produksi hormon vasopressin. Kekurangan hormon ini membuat seseorang gangguan buang air kecil.

7. Menyebabkan Dengkuran Makin Keras

Ketika seseorang minum, alkohol melewati sistem pencernaa ke dalam darah dan kemudian mencapai otak, yang mana itu bertindak sebagai relaksan. Bahkan otot tenggorokan berjalan pada mode santai dan itulah alasan mengapa orang cenderung mendengkur saat tidur dalam keadaan mabuk. Jika orang tersebut sudah terbiasa mendengkur, maka dengkurannya akan makin keras.

8. Tubuh Menjadi Lunglai

Tubuh benar-benar membutuhkan waktu lama untuk memproses alkohol. Jika sesorang tidur dalam keadaan mabuk, maka saat terbangun nanti tubuh akan terasa lemas, capek, dan membuat semakin malas. Satu lagi, kepala akan terasa berat.

Apakah anda pernah merasakan beberapa hal di atas ? Mungkin secara tidak langsung anda merasakan namun karena pengaruh alkohol anda abaikan semua itu. Artikel ini ada di:

minum alkohol dalam islam, minum alkohol tidak boleh shalat, minum alkohol tapi tidak mabuk, minum alkohol saat menstruasi, minum alkohol setelah makan durian, minum alkohol saat menyusui, minum alkohol dalam kristen, minum alkohol badan gatal gatal

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar