Mengapa Tidak Boleh Langsung Tidur Setelah Makan Sahur ? Jika Anda Lakukan Inilah Bahayanya..

Posted by Unknown


ANEH92: Kebiasaan setiap orang berbeda-beda, ada yang setelah makan langsung melakukan aktifitas, ada juga yang setelah makan langsung tidur seperti ular. Padahal menurut ilmu kedokteran, langsung tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan.

Kebanyakan orang merasa sangat ngantuk setelah makan sahur dan tanpa pikir panjang mereka memilih untuk melanjutkan tidur. Ternyata hal ini sangat tidak bagus karena bisa menimbulkan penyakit..

Mengapa demikian ? 

Seperti yang dikutip dari tribunnews, Sistem pencernaan pada manusia membutuhkan proses untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi di dalam makanan dengan baik setelah kita makan. Ada jenis-jenis makanan yang dapat dicerna dengan mudah, seperti nasi atau kentang. Ada juga beberapa jenis makanan yang sangat lama untuk dicerna seperti daging dan makanan gorengan yang cukup keras.

Jika kita langsung tidur setelah makan sahur, keadaan seperti ini dapat memperburuk disaat makanan yang belum dicerna dengan baik didalam perut. Karena sistem pencernaan selama kita tidur melambat. Dari kondisi tersebut, muncul beberapa penyakit yang berisiko timbul apabila kita langsung tidur habis makan, yakni:

Nyeri Pada Ulu Hati

Tidur terlentang setelah makan merupakan hal yang sering dilakukan oleh kita karena tak dapat dipungkiri, rasanya sangat nyaman. Namun ternyata hal ini justru membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja.Terkadang dapat muncul nyeri panas di daerah ulu hati.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung. Rasa panas ini bisa menyebar ke dada dan tenggorokan, sehingga dapat menggangg tidur dan dapat memicu timbulnya penyakit GERD dan maag.

Refluks

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada. Apabila Anda sudah memiliki GERD maka langsung tidur sehabis makan dapat memicu timbulnya hal ini.

Jadi, tidur sehabis sahur atau bahkan berbuka puasa bisa menimbulkan beberapa macam penyakit dari refluks, konstipasi, hingga kembung. Oleh karena itu ada baiknya Anda tidak langsung tidur sehabis sahur, berikanlah jarak satu hingga dua jam untuk tidur lagi.

Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk ibadah ataupun olahraga sebentar seperti berjalan. Penting juga saat sahur sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah kandungan lemak dan hindari makan dengan porsi yang besar. Cari artikel ini di:

alasan tidak boleh tidur setelah sahur, tidak boleh tidur setelah ashar, tidak boleh tidur setelah subuh, mengapa tidak boleh tidur setelah ashar, kenapa tidak boleh tidur setelah subuh, kenapa tidak boleh tidur setelah makan, kenapa tidak boleh tidur selepas asar, hadits larangan tidur setelah subuh

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar